Harga Yamaha R1 dan Spesifikasi Juli 2017

Advertisement

Harga Yamaha R1 – Semakin di depan, itulah tagline Yamaha yang sedang di gadang-gadang sebagai salah satu strategi pemasarannya. Sebuah tagline yang benar-benar menunjukkan rasa optimis Yamaha akan produk-produk sepeda motor yang diproduksinya. Selama ini memang Yamaha bersaing ketat dengan beberapa pabrikan motor asal Jepang lainnya. Beruntungnya dalam satu dekade terakhir pamor Yamaha semakin meningkat berkat kualitas motor yang telah diluncurkan ke masyarakat, terutama masyarakat Indonesia. Salah satu lini yang bisa dikatakan menonjol adalah lini motor sport Yamaha. Dengan YZF series nya, Yamaha mencoba meraih posisi teratas. Yamaha YZF R1 menjadi salah satu ujung tombak yang cukup sukses di pasaran. Harga Yamaha R1 masih terbilang tinggi, namun ini memberikan kesan bahwa memang R1 bukan motor sport murahan.

Motor sport Yamaha yang satu ini didukung dengan ukuran bodinya yang cukup besar sehingga mengingatkan kita dengan tunggangan Valentino Rossi dan juga Jorge Lorenzo di sirkuit balap Moto GP. Teknologi yang dibenamkan Yamaha ke dalam mesin motor juga tak jauh berbeda dengan kendaraan yang Yamaha gunakan di ajang Moto GP. R1 juga mengadopsi teknologiĀ  dari M1 sehingga tarikannya benar-benar mampu memuaskan siapapun yang menaikinya. Dibalut dengan desain full fairing membuat tampilan YZF R1 semakin garang. Teknologi lain yang juga menarik adalah hadirnya crossplane crankshaft. Dengan adanya teknologi ini, artinya R1 menjadi motor pertama yang menggunakan teknologi Moto GP. Hal ini tentu menjadi salah satu poin yang membuat R1 begitu menarik perhatian banyak pihak terutama mereka yang menyukai dunia motor berkecepatan tinggi.

Harga Yamaha R1 bisa dibilang rasional karena hadirnya teknologi crossplane crankshaft seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Mengenai teknologi ini, crossplane crankshaft adalah keadaan dimana poros engkol motor dibuat dengan desainĀ  yang menyilang. Bentuk ini memberikan durasi pengapian 90 derajat. Kebanyakan mesin bersilinder 4 lainnya hanya mengaplikasikan pengapian 180 derajat yang membuat pembakaran lebih merata. Teknologi ini membuat karakter mesin R1 cukup unik namun menghasilkan tenaga yang lebih dari motor-motor pengguna 4 silinder lainnya. Pada rangka motor, anda juga akan menemukan magnesium sebagai penyusunnya. Material ini memberikan kekuatan yang sama dengan besi, namun memberikan bobot yang lebih ringan. Berkurangnya bobot motor akan membuat kecepatan motor semakin tinggi.

Advertisement

Spesifikasi dan Harga Yamaha R1

Spesifikasi dan Harga Yamaha R1

Spesifikasi dan Harga Yamaha R1

Desain rangka yang disematkan pada Yamaha R1 juga dibuat dengan perencanaan yang cukup matang. Titik berat motor berada pada posisi yang sempurna sehingga handling motor akan terasa semakin lembut. Dengan ukuran yang besar dan bobot yang lebih dari motor sport biasa, sebuah handling yang nyaman tentu akan sangat membantu driver dalam berkendara. Adanya handling yang nyaman ini akan membantu driver dalam melakukan perjalanan jarak jauh walaupun dengan jenis medan yang bervariasi. Dari sisi fitur yang disertakan dalam Yamaha R1, anda juga akan mendapatkan perangkat digital elektrik yang difungsikan untuk mengatur bukaan gas. Ada sebuah mode bernama D-Mode yang memberikan 3 pengaturan gas yang berbeda. Dengan demikian, driver dapat mengatur gas dan kinerja mesin secara lebih teratur.

Mengenai mesin Yamaha R1, anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, Yamaha memberikan mesin yang cukup bisa dipertimbangkan oleh para penggemar kecepatan. Mesin R1 diklaim sangat powerful bahkan untuk menempuh berbagai medan sekalipun. Tipe mesin yang dibenamkan Yamaha pada seluruh R1 nya adalah DOHC dengan forward inclined parallel teknologi. Mesin ini menggunakan 4 silinder dan 4 katup yang memberikan kapasitas mesin sebesar 998 cc. Untuk mengatasi panas mesin yang berlebih, R1 juga sudah memiliki teknologi liquid cooled engine yang siap mendinginkan mesin kapan pun ketika temperatur sudah meningkat. R1 memiliki rasio kompresi mesin yang cukup tinggi yaitu 12.7:1 . Untuk ukuran motor sport, kompresi ini bisa dibilang cukup.

Di samping menyematkan mesin dengan ukuran besar, Yamaha juga memberikan kekuatan yang tak kalah besarnya. Motor sport full fairing ini diklaim mampu memproduksi 133,9 kW atau 182.1 PS pada putaran mesin 12.500 rpm. Hasil test tersebut dilakukan tanpa adanya air induction. Hasil yang didapatkan ketika ada air induction bisa berkurang, namun tidak terlalu signifikan. Kekuatan rata-ratanya tetap sebesar di atas 130 kW. Torsi yang dihasilkan juga cukup menjanjikan. Berdasarkan hasil test mesin resmi, R1 memiliki torsi 115.5 Nm atau 11.8 kg-m pada putaran 10.000 rpm. Kekuatan torsi dan mesin yang dihasilkan cukup sepadan dengan penawaran Harga Yamaha R1 yang diluncurkan.

Advertisement

Sistem lubrikasi yang diusung Yamaha juga cukup populer karena telah difungsikan sebagai sistem lubrikasi pada motor sport Yamaha yang lain. Sistem lubrikasi tersebut menggunakan teknologi wet sump. Yamaha seperti tidak mau ambil risiko terhadap penggunaan teknologi baru pada sistem lubrikasi. Wet sump lebih dipercaya karena telah teruji pada motor sport versi-versi sebelumnya. Meskipun R1 adalah motor sport, anda tidak perlu mengkhawatirkan konsumsi bahan bakarnya. Motor berkecepatan tinggi ini sudah dibekali dengan Electronic Fuel Injection system. Selain membuat kinerja mesin lebih stabil, anda juga akan mampu untuk mengefisienkan penggunaan bahan bakar selama perjalanan. Keberadaan teknologi fuel injection sama sekali tidak mengurangi kemampuan mesin untuk memproduksi tenaga yang besar.

Beberapa fitur pendukung juga diaplikasikan oleh Yamaha, semua fitur tersebut cukup lengkap. Tak heran apabila harga Yamaha R1 memiliki perbedaan yang signifikan dengan motor sport lainnya. Selain teknologi moto GP yang sudah dikenal, ada juga electric starter system yang akan mempermudah anda dalam menghidupkan mesin. Walaupun dalam suhu dan cuaca yang berbeda-beda, keadaan mesin akan tetap terjaga termasuk sistem yang mengatur penghidupannya. Dengan demikian anda bisa menyalakan mesin dengan mudah baik dalam keadaan cuaca buruk sekalipun. Ignition system yang disematkan juga tak kalah menarik karena sudah menggunakan TCI atau versi digital dari ignition system. Versi ini biasanya hanya dapat ditemui pada motor-motor yang memiliki harga selangit.

Untuk mendukung perpindahan gigi Yamaha R1, disediakanlah sistem constant mesh dengan 6 gear speed. Masih seperti motor sport series dari YZF, Yamaha tetap mempercayakan sistem transmisi pada teknologi ini. Dengan menggunakan teknologi terbaik pada seri-seri sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa harga Yamaha R1 sudah ditekan secara maksimal. Meskipun begitu, ini tidak mengurangi tingginya kualitas produksi Yamaha R1 di berbagai negara. Di Indonesia sendiri, anda sudah bisa menjumpai beberapa pemilik R1 yang beralamat di kota-kota besar. Meskipun dihitung sebagai negara berkembang, konsumsi otomotif di Indonesia sangatlah tinggi. Tak heran jika Yamaha mempersiapkan beberapa jumlah unit untuk dipasarkan di Indonesia.

Harga Yamaha R1 Terbaru di Indonesia

Harga Yamaha R1

Harga Yamaha R1

Tidak ada salahnya apabila kita menerka-nerka kisaran harga Yamaha R1. Dilihat dari spesifikasi dan teknologi yang diadopsinya, motor ini layak untuk memiliki banderol harga yang sangat tinggi. Beruntungnya, Yamaha hanya mematok Rp 345.000.000 sebagai harga baru di Indonesia. Harga tersebut sudah OTR untuk wilayah ibukota, untuk daerah lain bisa saja berbeda namun tidak terpaut jauh dengan harga OTR di ibukota.

Baca Juga : Daftar Harga Motor Yamaha Terbaru

Meskipun terbilang cukup tinggi, harga tersebut sangat setimpal dengan kenyamanan, kecepatan dan fitur-fitur yang anda dapatkan di dalam R1. Tak ada salahnya anda melakukan pengajuan test drive sebelum anda membeli R1 sehingga anda menjadi sangat yakin dengan pilihan anda terhadap Yamaha R1 nantinya.

Advertisement