Harga Yamaha Mio Z dan Spesifikasi Mei 2017

Advertisement

Harga Yamaha Mio Z – Sekarang ini, banyak sekali masyarakat yang penasaran dengan spesifikasi dan Harga Yamaha Mio Z. Yamaha merupakan salah satu produsen motor yang telah mendapatkan tempat khusus di hati masyarakat Tanah Air. Memang tidak akan terlalu sulit bagi perusahaan sebesar Yamaha untuk menghadirkan inovasi dan juga gebrakan terbaru. Setelah menuai kesuksesan dengan menghadirkan Yamaha Aerox 125LC, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing kembali merilis produk skuter matik terbarunya yaitu Yamaha Mio Z. Secara resmi, generasi penerus Yamaha Mio tersebut hadir pada 30 Maret 2016 lalu, di Sirkuit Sentul, Bogor. Dengan hadirnya motor terbaru ini maka lengkap sudah skuter matik yang menjadi andalan Yamaha. Melihat hal tersebut, kali ini akan dibahas terkait dengan spesifikasi, kelebihan, kekurangan dan juga harga terbaru dari motor matik anyar ini.

Melihat Harga Yamaha Mio Z yang dibanderol lebih mahal dibandingkan dengan saudaranya Yamaha Mio M3, membuat kita penasaran untuk melihat spesifikasi lengkap kendaraan ini. Lalu, apa saja spesifikasi yang dibawanya? Sebagai motor matik kelas 125 cc, Mio Z ini didukung dengan teknologi terbaru yaitu Blue Core. Dari segi desain eksterior, spesifikasi Mio terbaru ini terlihat lebih detail dan modern dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Secara keseluruhan, desain yang dibawa motor ini hampir terlihat mirip dengan Mio M3. Namun, perbedaan dapat dilihat dari ukuran bagasi dan ban yang lebih besar.

Spesifikasi dan Harga Yamaha Mio Z

Spesifikasi Yamaha Mio Z

Spesifikasi Yamaha Mio Z

1. Spesifikasi Yamaha Mio Z

P x L x T 1870 mm x 685 mm x 1035 mm
Jarak sumbu roda 1260 mm
Jarak terendah ke tanah 135 mm
Tinggi tempat duduk 750 mm
Berat Isi 94 Kg
Kapasitas tangki bensin 4,2L
Tipe mesin Air Cooled 4-Stroke, SOHC
Susunan silinder Single Cylinder
Diameter X Langkah 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan kompresi 9,5 : 1
Volume silinder 125 cc
Daya maksimum 7,0 kW / 8000 rpm
Torsi maksimum 9,6 Nm / 5500 rpm
Sistem starter Electric & Kick Starter
Sistem pelumasan Wet Sump
Total 0,84 L
Berkala 0,80 L
Ganti Filter Oli 0,80 L
Sistem bahan bakar Fuel Injection
Tipe kopling Dry, Centrifugal Automatic
Tipe transmisi V-Belt Automatic
Tipe rangka Underbone
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Unit Swing
Ban Depan 80/80-14M/C (43P)
Ban Belakang 100/70-14M/C (51P)
Rem depan Single Disc Brake
Rem belakang Drum Brake
Sistem pengapian TCI
Battery YTZ4V/GTZ4V
Tipe busi NGK/CR6HSA

2. Review Yamaha Mio Z

Review Yamaha Mio Z

Review Yamaha Mio Z

Sudut bodi yang diusung motor skuter ini juga lebih runcing dan tajam mulai dari depan sampai belakang. Untuk bagian depan, Mio Z ini diusung dengan teknologi headlamp yang jauh lebih tajam dan modern dengan sentuhan gaya M-Shape Headlamp. Diusung dengan bodi yang ramping, motor terbaru dari Yamaha ini semakin terlihat stylish. Pada bagian jok, skuter matic yang satu ini menggunakan desain M Style sehingga akan terlihat aura modern dan futuristiknya.

Advertisement

Yamaha Mio Z mengusung instrumen panel dengan desain yang modern dan fresh. Panel indikator yang terdapat pada skuter ini juga terlihat menggunakan gaya minimalis dengan konsep analog yang terlihat elegan. Terlihat panel Eco Indikator, sein indikator, dan lampu jarak jauh. Sedangkan pada bagian tengah terdapat speedometer yang dilengkapi dengan indikator bahan bakar beserta dengan jarum penunjuk angka kecepatan. Jika dilihat secara keseluruhan, segala fitur panel yang terdapat pada produk terbaru dari Yamaha ini sangatlah membantu penggunanya.

Dari segi dimensional, Yamaha Mio Z memiliki bodi sepanjang 1.870 mm, dengan lebar 685 mm, serta  tinggi 1.035 mm. Sedangkan bobotnya, motor ini hanya memiliki berat sebesar 94 kg. Tampil lincah dan ringan, kendaraan ini memiliki jok dengan ketinggian 750 mm, yang mana akan sangat memudahkan penggunanya yang memiliki postur tubuh tidak begitu tinggi. Terdapat pula ground clearance sebesar 135 mm yang membuat pengendaranya lebih nyaman meskipun melaju di jalan yang tidak rata atau banyak bebatuan.

Beralih ke sektor mesin, Yamaha Mio Z ini dibekali dengan mesin berkapasitas 125 cc. Untuk transmisinya, motor matic ini didukung dengan sistem transmisi model otomatis dengan tipe V-Belt Automatic. Transmisi tersebut dapat menghasilkan rasio kompresi pembakaran tinggi, yakni 9,5:1. Disamping  itu, motor ini juga menggunakan tipe kopling berjenis Dry, type Centrifungal Automatic. Adanya mesin bertipe Air Cooled 4-Stroke SOHC, bisa dipastikan bahwa motor ini akan mampu menghasilkan tenaga yang besar dengan angka maksimum 7,0 kW di putaran 8.000 rpm serta torsi maksimum sebesar 9,6 Nm di putaran 5.500 rpm. Apalagi, mesin ini juga dilengkapi dengan teknologi Wet Sump yang sehingga mampu memberikan dorongan tambahan agar motor matic ini dapat lebih lincah dan juga bertenaga. Untuk sistem pembakaran, Mio Z ini menggunakan sistem TCI yang dikolaborasikan dengan sistem pembakaran jenis Fuel Injection, dimana sistem ini akan membuat mesin lebih irit bahan bakar. Kapasitas tangki untuk bahan bakar yang disediakan motor ini adalah 4,2 L untuk setiap  pengisian penuh.

Advertisement

Sedangkan untuk fitur tambahan, Yamaha memang tidak pernah kelewatan untuk selalu memberikan yang terbaru pada setiap produknya. Setidanya ada banyak sekali fitur yang ditanamkan pada Yamaha Mio Z. Beberapa diantaranya adalah fitur smart lock system, eco indikator, smart side stand switch, Single Disc Brake, Drum Brake dan smart lock system. Sekedar informasi, multifunction key yang dimiliki motor matic Yamaha ini memiliki 3 fungsi, diantaranya kunci kontak, kunci buka bagasi dan kunci stang.

Diusung dengan desain yang simpel, motor terbaru ini juga dibekali dengan suspensi yang canggih yaitu suspensi bertipe Teleskopik untuk bagian depan serta suspensi Unit Swing untuk bagian belakang. Sementara untuk bagian ban, Yamaha mempersenjatai motornya ini dengan ban depan berukuran 80.80-14M/C 43P dan 100/70-14M/C 51P untuk ban belakang.

Jika melihat dari spesifikasi yang dibawakan Yamaha Mio Z bisa diketahui bahwa kendaraan ini memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan generasi sebelumnya. Tak heran jika Harga Yamaha Mio Z dipatok dengan harga yang berbeda dengan generasi sebelumnya Yamaha Mio M3. Desainnya juga lebih stylis dan terlihat segar sehingga akan membuat penggunanya lebih merasa nyaman.

Kelebihan Yamaha Mio Z 

Melihat spesifikasi yang dibawa, setidaknya ada banyak kelebihan dari Yamaha Mio Z ini. Salah satu kelebihannya ada pada tapak ban yang lebih besar dibandingkan dengan generasi Mio sebelumnya. Dengan tapak ban yang besar tentu akan membuat motor dapat melaju dengan stabil meskipun berada di atas kondisi jalan yang bergelombang dan rusak. Kelebihan lain dari motor ini adalah akses bagasinya yang lebih mudah dan luas, sehingga membawa barang bawaan menjadi lebih mudah dan nyaman.

Lihat Juga : Harga Yamaha M-Slaz 150 dan Spesifikasi

Adanya mesin berteknologi Blue Core yang dikombinasikan dengan Eco Indicator juga menjadi kelebihan tersendiri untuk Yamaha Mio Z. Sebab dengan adanya teknologi ini, maka bahan bakar yang digunakan menjadi lebih efisien dan irit. Kelebihan lainnya tentu saja ada pada bodinya yang lebih ramping, modern dan terlihat sylish. Sehingga sangat cocok digunakan untuk menemani setiap perjalanan baik jarak dekat maupun jauh. Melihat beberapa kelebihan tersebut, tak heran jika banyak masyarakat yang mempertanyakan Harga Yamaha Mio Z.

Kekurangan Yamaha Mio Z 

Sampai saat ini, masih belum terlihat kekurangan dari Yamaha Mio Z. Hanya saja, desainnya yang tidak jauh berbeda dengan Mio M3 membuat motor terbaru ini terlihat tidak begitu istimewa dari segi desain. Perbedaan yang bisa dilihat hanyalah bagian ban yang lebih besar serta penambahan cat doff dengan kombinasi stripe berwarna merah yang bertuliskan huruf ‘Z’.

Harga Yamaha Mio Z

Harga Yamaha Mio Z

3. Harga Yamaha Mio Z

Harga Yamaha Mio Z Baru Rp. 15.100.000
Harga Yamaha Mio Z Bekas

Baca Juga : Daftar Harga Motor Yamaha

Spesifikasi beserta dengan kelebihan dan kekurangan Yamaha Mio Z ini tentu membuat banyak orang semakin penasaran dengan harga yang dibanderol untuk satu unitnya. Bagi Anda yang ingin membeli motor matic terbaru buatan Yamaha ini, setidaknya harus merogoh kocek sebesar Rp 15.100.000. Harga Yamaha Mio Z lebih mahal Rp 400.000 dibandingkan dengan Mio M3.

Advertisement