Harga Kawasaki Ninja R dan Spesifikasi Maret 2017

Advertisement

Harga Kawasaki Ninja R – Penggemar motor sport tentu sudah sangat akrab dengan Kawasaki Ninja R. Motor ini digandrungi karena kecepatannya yang mengagumkan. Selain itu, Ninja R cocok bagi mereka yang mementingkan style dan tampilan sporty untuk kuda besi pilihannya. Meski harga Kawasaki Ninja R cukup tinggi, ini tidak membuat orang ragu untuk memilihnya sebagai tunggangan mereka. Hampir selama 20 tahun, Kawasaki Ninja mewarnai pasar motor di Indonesia. Dengan inovasi yang semakin baru dan serius, Kawasaki mulai mematahkan mitos tentang produsen motor asal Jepang ini di Indonesia. Salah satu yang sering dikhawatirkan orang ketika akan membeli motor produk Kawasaki adalah suku cadangnya yang cukup mahal dan sulit ditemukan. Dengan semakin banyaknya dealer dan bengkel resmi Kawasaki di Indonesia, maka mitos ini sudah mulai terpatahkan. Orang kini tak khawatir lagi kesulitan mencari spare part original motor Kawasaki.

Soal harga, Kawasaki nampaknya memang tak bergeming alias tetap bertahan pada harga tinggi yang mereka banderol untuk produk-produk buatan mereka. Ini pula yang membuat orang enggan mendekat pada Kawasaki. Mereka lebih memilih untuk membeli motor dari pabrikan lain dengan harga yang lebih miring. Dengan strategi penjualan yang tetap kekeuh pada harga tinggi, nampaknya Kawasaki memang mengetahui secara pasti pasar mana yang ingin mereka tuju. Kawasaki memang secara khusus beroperasi di pasar yang punya idealis tinggi terhadap pangsa otomotif. Kawasaki Ninja R adalah salah satu usaha mereka untuk menampung para penggemar motor cepat. Berikut ini spesifikasi dan harga Kawasaki Ninja R :

Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja R

Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja R

Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja R

FRAME
Suspensi Depan Telescopic Fork Suspension
Suspensi Belakang Uni-Trak Suspension
Rem Depan Rem Cakram Twin Pot
Rem Belakang Rem Cakram Twin Pot
Ban Depan 2,75-17 4PR Tube-type
Ban Belakang 3,0-18 4PR Tube-type
Panjang x Lebar x Tinggi 1.955 mm x 705 mm x 1.070 mm
Jarak Poros Roda 1.305 mm
Jarak ke Tanah 145 mm
Berat 124,5 kg
Kapasitas Bensin 10,8 liter
ENGINE
Tipe 2-TAK, CRANKCASE REEDVALVE, SUPER KIPS, HSAS
Maksimum Power 22,1 KW ( 30,1 PS ) / 10.500 RPM
Torsi Maksimum 21,6 Nm / 9.000 RPM
Karburator Keihin PWL 26
Diameter x Langkah 59,0 x 54,4 mm
Perbandingan Kompresi 6,8 : 1
DRIVETRAIN
Jumlah Transmisi 6 speed, constant mesh, return shift
Primary Reduction Ratio 3.000 ( 42/14 )
Rasio Gigi Ke-1 2.700 ( 27/10 )
Rasio Gigi Ke-2 1.706 ( 29/17 )
Rasio Gigi Ke-3 1.300 ( 26/20 )
Rasio Gigi Ke-4 1.090 ( 24/22 )
Rasio Gigi Ke-5 0.952 ( 20/21 )
Rasio Gigi Ke-6 0.863 ( 19/22 )
Tipe System Final Drive Chain Drive
Drive Rasio Keseluruhan 8.479 @ top gear
Sistem Pelumasan Oli Oil Injection
Kapasitas Oli Samping 1 liter
Kapasitas Coolant 1 liter

Review Kawasaki Ninja R

Review Kawasaki Ninja R

Review Kawasaki Ninja R

Namun soal harga yang mahal untuk rata-rata motor keluaran Kawasaki, rasanya pasar pun mulai memahami mengapa Kawasaki mematok harga tinggi untuk varian mereka terutama untuk motor sport. Ini sudah jelas karena mereka memang menawarkan spesifikasi mumpuni. Lihat saja kapasitas kubikasi dan mesin yang ditawarkan oleh Kawasaki, semuanya rata-rata merupakan hasil dari olahan bermutu tinggi. Ada harga ada rupa. Inilah rasanya slogan yang tepat untuk menggambarkan bagaimana Kawasaki hadir sebagai pesaing utama untuk pabrik motor-motor sport yang lain. Harga Kawasaki Ninja R yang sepadan dengan motor sport 4 tak lain membuat pasar akhirnya paham seperti apa kualitas yang dibawa oleh motor 2 tak ini.

Advertisement

Sebelum melihat spesifikasi motor ini, lebih baik kita melihat seperti apa perjalanan Kawasaki Ninja R terutama di Indonesia. Awalnya Ninja R diproduksi oleh KMI (Kawasaki Motor Indonesia) sebagai motor 2 tak dengan kapasitas 150 cc. Tidak menduga bahwa akan mendapat sambutan hangat dari para penggemarnya di Indonesia, KMI mencoba melakukan strategi penjualan 7 tahun berikutnya. Harga Kawasaki Ninja R malah semakin menanjak dengan hadirnya motor built up dari Thailand yang memiliki spesifikasi lebih mumpuni dari versi sebelumnya. Anehnya, meski harganya cukup lumayan, para pencinta motor malah semakin bernafsu untuk memiliki tunggangan besi satu ini.

Kawasaki Ninja R pada akhirnya menjadi identitas para pemilik motor cepat dan sporty di Indonesia. Bahkan motor ini sempat menjadi ikon dari kelas menengah ke atas di Indonesia. Pada tahun 2000-an, orang yang memiliki Ninja R hampir pasti berasal dari kelas atas. Tidak heran motor 2 tak ini pun sempat menjadi ikon yang identik dengan gengsi seseorang. Di zaman itu, ada orang yang membeli motor Ninja ini karena memang memiliki kegemaran dengan motor cepat. Namun, ada juga orang yang memilihnya karena gengsi. Ninja R semakin digemari karena memang pada waktu itu belum ada saingan sekelas mumpuni yang sepadan.

Uniknya, walapun begitu banyak motor sport yang diproduksi oleh pabrik motor lain seperti Yamaha, Honda, dan Suzuki, Kawasaki Ninja R ternyata tetap memiliki pasarnya sendiri. Bahkan hingga tahun 2015, Kawasaki masih memproduksi varian baru dari Ninja R. Berbeda dengan beberapa motor sport dari pabrikan lain yang mengalami discontinue produksi. Jika dihitung hingga tahun 2015 ini, maka Ninja R sudah bertahan hampir selam 20 tahun berada di pasar Indonesia. Hal yang perlu dicatat pula adalah Kawasaki sendiri sudah memproduksi motor-motor sport mengagumkan dengan mesin 4 tak. Namun demikian, ini tak membuat Ninja R kemudian ditinggalkan. Ninja R yang notabene mengusung mesin 150 cc 2 tak tidak membuat konsumen melupakannya lantaran harganya yang tergolong lebih ekonomis dibandingkan harga motor sport Kawasaki lainnya.

Advertisement

Kini, ada baiknya kita melihat spesifikasi varian ini baik dari segi mesin maupun body. Ninja R memiliki berat 124,5 kg. Bobot tersebut terhitung jika dalam keadaan kosong tanpa bahan bakar. Jika ditambah dengan bahan bakar, maka tergantung berapa liter yang dikantonginya. Untuk kapasitas penuh tangkinya adalah 10,8 liter. Harga Kawasaki Ninja R yang cukup tinggi bisa dipahami karena motor ini punya kecepatan 6 speed yang dipadu dengan mesin 2-tak dengan model Crankcase Reedvalve, Super Kips dan HSAS. Dengan spesifikasi mesin yang demikian, mesinnya dapat menghasilkan tenaga 10.500 rpm dengan maksimal torsi adalah 9.000 rpm.

Hal lain yang merupakan kelebihan motor Ninja sejak awal adalah suspensi belakang yang sudah menggunakan monoshock. Sistem ini belum banyak dipakai oleh motor yang dipasarkan untuk konsumen pengguna jalan raya. Baru-baru ini, akhirnya banyak motor sport dengan suspensi monoshock. Yang lebih mengagumkan lagi baik rem belakang maupun depan semua sudah dilengkapi dengan rem cakram alias disc brake. Rem ini pastinya akan menjamin keselamatan pengguna motor Kawasaki Ninja R terutama ketika mereka melaju dalam kecepatan yang cukup tinggi. Untuk segi body, varian ini didesain dengan jarak antar roda sepanjang 1.305 mm dengan jarak motor ke tanah 145 mm.

Harga Kawasaki Ninja R Terbaru

Harga Kawasaki Ninja R

Harga Kawasaki Ninja R

Harga Kawasaki Ninja R di pasaran Indonesia berkisar antara Rp 27 – 29 juta rupiah. Namun jika anda melihat situs resminya, harganya pastinya ada di kisaran Rp 27.900.000. Tentu harga yang tergolong tinggi untuk motor yang masih membawa mesin 2-tak. Tetapi bagaimana pun juga, harga yang tinggi ini tidak menghalangi para penggemarnya untuk tetap meminang tunggangan favorit mereka ini. Meski demikian, anda harus memperhitungkan beberapa hal sebelum benar-benar membawa pulang motor sport satu ini.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Motor Kawasaki Ninja Z250

Satu-satunya kekurangan Ninja R adalah karena mesinnya yang masih menggunakan sistem 2-tak. Dengan demikian, polusi yang dihasilkan juga  lebih banyak. Sementara itu, konsumsi bahan bakar pada Kawasaki Ninja R juga cukup boros. Ini membuat orang akhirnya lebih memilih untuk beralih ke motor sport 4-tak yang lebih irit dan dengan harga terjangkau. Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah harga jual kembali yang anjlok. Jika memang Anda tak berencana untuk memilikinya dalam jangka waktu yang panjang, lebih baik anda menundanya karena harga jual kembali motor ini turun sangat jauh. Di pasaran motor bekas Ninja R bahkan berada di angka kurang dari 10 juta.

Advertisement