Harga Kawasaki KLX 150BF SE dan Spesifikasi Mei 2017

Advertisement

Harga Kawasaki KLX 150BF SE – Di Indonesia sendiri, Kawasaki memang sudah sejak dulu merajai pasar motor trail karena memang tidak banyak pesaingnya yang memproduksi dan meluncurkan motor serupa di Indonesia. Sudah sejak awal tahun 2000an silam Kawasaki terus meluncurkan produk-produk terbarunya yang berbentuk motor trail seperti Kawasaki KLX 150S, Kawasaki KLX150L dan yang paling baru ini adalah Kawasaki KLX 150BF SE atau special edition.

Untuk seri Kawasaki KLX 150BF sendiri memang memiliki 3 varian yang berbeda harganya yakni Kawasaki KLX 150 basic, Kawasaki KLX 150BF dan yang paling mahal adalah Kawasaki KLX 150BF SE. Apabila Anda sekiranya berniat untuk membeli motor trail baru atau sekedar menambah koleksi, maka ulasan singkat berikut ini akan memberikan spesifikasi dan harga Kawasaki KLX 150BF SE.

Sudah dibahas di atas apabila Kawasaki KLX 150BF SE atau special edition ini merupakan trail terbaru dan varian kelas teratas dari Kawasaki.  Tentu saja, harga Kawasaki KLX 150BF SE menjadi yang termahal untuk motor di kelasnya. Dalam memproduksi motor Andalannya ini, Kawasaki terlihat tidak main-main dengan berbagai inovasi yang disematkan di dalamnya. Perbedaan yang paling mencolok apabila dibandingkan dengan motor trail keluaran sebelumnya adalah telah ditanamkannya suspensi upside down yang digadang-gadang akan sangat cocok apabila motor ini dibawa untuk melintasi medan yang berat.

Advertisement

Untuk mendukung teknologi suspensi upside down tersebut, pabrikan asal Jepang ini merancang ukuran velg yang berbeda untuk ban depan dan belakangnya. Untuk velg depan KLX 150BF SE berukuran 21 inch, sedangkan velg bagian belakang berukuran 18 inch yang akan membuat pengendara menjadi lebih nyaman dan tidak mudah capek. Mungkin teknologi inilah yang membuat harga Kawasaki KLX 150BF SE sedikit lebih mahal apabila dibandingkan dengan varian lainnya.

Spesifikasi dan Harga Kawasaki KLX 150BF SE

Spesifikasi Kawasaki KLX 150BF SE

Spesifikasi Kawasaki KLX 150BF SE

1. Spesifikasi Kawasaki KLX 150BF SE

Suspensi Depan 35 mm inverted fork
Suspensi Belakang Uni-Trak, with 5-way adjustable preload
Rem Depan Single 240 mm petal disc Twin-piston
Rem Belakang Single 190 mm petal disc Single-piston
Ban Depan 2.75-21 45P
Ban Belakang 4.10-18 59P
Panjang x Lebar x Tinggi 2,070 mm x 825 mm x 1,155 mm
Jarak Poros Roda 1,340 mm
Jarak ke Tanah 295 mm
Berat 118 kg
Kapasitas Bensin 6.9 litres
Tipe Air-cooled, 4-stroke Single
Maksimum Power 8.6 kW {12 PS} / 8,000 rpm
Torsi Maksimum 11.3 N.m {1.2 kgf.m} / 6,500 rpm
Karburator NCV24
Diameter x Langkah 58.0 x 54.4 mm
Volume Silinder 144 cc
Valve System SOHC, 2 valves
Perbandingan Kompresi 9.5:1
Jumlah Transmisi 5-speed, return
Primary Reduction Ratio 2.880 (72/25)
Final Reduction Ratio 3.714 (52/14)

2. Review Kawasaki KLX 150BF SE

Review Kawasaki KLX 150BF SE

Review Kawasaki KLX 150BF SE

Kemudian yang menyebabkan harga Kawasaki KLX 150BF SE berbeda cukup jauh dengan dua saudaranya yakni KLX 150 basic dan KLX 150BF adalah adanya aksesoris tambahan berupa hand guard untuk melindungi tangan pengendara dan engine guard untuk menutup mesin agar tidak mudah terkena air dan lumpur. Perbedaan lain terlihat dari warna velg yang tertutup warna hitam pekat sehingga membuat penampilan motor trail ini jauh lebih garang apabila dibandingkan dengan produk-produk Kawasaki sebelumnya.

Berpindah dari bagian tampilan luar menuju dapur pacunya, KLX 150BF SE masih mengandalkan mesin SOHC 2 katup dengan kapasitas 144cc. Untuk mendukung mesin tersebut Kawasaki menyematkan teknologi 5 akselerasi yang dilengkapi dengan pendingin udara agar mesin tidak lekas panas. Sebenarnya tidak ada perbedaan yang mencolok di antara mesin yang disematkan dalam motor trail Kawasaki KLX 150BF SE dengan beberapa produk pendahulunya. Seharusnya ini membuat harga Kawasaki KLX 150BF SE lebih dapat diminimalisir.

Advertisement

Usut punya usut, mesin yang disematkan dalam  KLX 150BF SE sudah lulus untuk uji emisi EURO 3 yang artinya motor ini sudah lebih ramah lingkungan dibanding para pendahulunya yang masih berada pada batas uji emisi EURO 2. Salah satu strategi Kawasaki untuk lolos tes ini adalah sudah disematkannya penyaring pada bagian knalpot sehingga gas buangnya tidak banyak mengeluarkan karbonmonoksida. Mungkin inilah alasan mengapa harga Kawasaki KLX 150BF SE cukup mahal jika dibandingkan berbagai produk lain. Dalam tes uji emisi juga membuktikan bahwa motor ini cukup irit, dengan 2,9 liter disebut-sebut mampu menempuh jarak hingga 110 km bergantung pada cara pemakaian dan medan yang ditempuh.

Untuk spesifikasi Kawasaki KLX 150BF SE sudah dijelaskan secara lengkap di bagian atas. Selanjutnya, dari hasil himpunan berbagai informasi yang sudah mencoba menggunakan KLX 150BF SE, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang mungkin bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum membeli motor ini mengingat harga Kawasaki KLX 150BF SE yang cukup mahal. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan motor trail terbaru keluaran Kawasaki.

Sudah jelas sekali apabila kuda besi ini didesain untuk menempuh medan berat dan bisa pula disebut sebagai motor offroad. Disematkannya suspensi upside down merupakan inovasi dari Kawasaki yang bisa memanjakan pengendaranya. Meskipun didesain untuk offroad, namun motor ini cocok juga digunakan di jalanan biasa karena bentuknya yang ramping dan mesinnya yang tidak terlalu berat. Kelebihan lainnya datang dari desain Kawasaki KLX 150BF SE yang terlihat lebih garang apabila dibandingkan dengan keduanya. Terdapat model strip hitam pada body dan velg membuat motor ini lebih terlihat maskulin. Tidak salah pula apabila Kawasaki menyebut motornya ini dengan special edition karena disematkan pelindung bagi tangan pengendara dan mesin yang ternyata tidak bisa didapatkan apabila membeli varian lainnya. Kelebihan-kelebihan inilah yang mungkin membuat Kawasaki memutuskan bahwa harga Kawasaki KLX 150BF SE jauh berbeda dengan varian KLX150 BF yang lain.

Selain kelebihan, hal yang dapat dipertimbangkan sebelum memutuskan harga Kawasaki KLX 150BF SE adalah kekurangannya. Disebutkan bahwa motor ini memiliki jenis mesin yang sama dengan pendahulunya, hal ini mengindikasikan bahwa Kawasaki tidak melakukan inovasi di bagian ini. Meskipun cocok untuk medan berat, namun kualitas mesin tersebut lebih cocok apabila digunakan sebagai pecinta olahraga offroad bagi pemula.

Harga Kawasaki KLX 150BF SE

Harga Kawasaki KLX 150BF SE

3. Harga Kawasaki KLX 150BF SE

Harga Kawasaki KLX 150BF SE Baru Rp 31.300.000
Harga Kawasaki KLX 150BF SE Bekas

Untuk spesifikasi, kelebihan dan kekurangan telah lengkap diuraikan di atas. Anda pasti sudah penasaran bukan dengan harga Kawasaki KLX 150BF SE? Seperti yang dihimpun dari website resmi Kawasaki, motor ini mulai dijual seharga RP 31.300.000,00 untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Tentu saja harga Kawasaki KLX 150BF SE di daerah lain bisa saja berbeda, bergantung pada pajak daerah masing-masing.

Kesimpulan Ulasan Kawasaki KLX 150BF SE

Setelah menyimak mengenai spesifikasi, kelebihan dan kekurangan, serta harga Kawasaki KLX 150BF SE di atas, tentu Anda sudah memiliki gambaran singkat mengenai produk motor trail keluaran terbaru dari Kawasaki ini. Apabila harganya bisa dibilang di atas rata-rata, mungkin disebabkan oleh kurangnya persaingan di kelas motor trail sehingga Kawasaki masih percaya diri dengan motor terbarunya ini serta harga yang disematkannya. Ditambah lagi dengan minimnya varian warna dari Kawasaki KLX 150BF SE yang hanya tersedia dengan warna dasar hijau mungkin sedikit banyak akan mempengaruhi ketertarikan pada motor ini.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Kawasaki KX 65

Demikian tadi ulasan lengkap mengenai spesifikasi, kelebihan dan kekurangan serta harga Kawasaki KLX 150BF SE. Sebelum memutuskan untuk membelinya, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu mengenai berbagai produk motor trail yang ada di Indonesia. Sesuaikan juga dengan kebutuhan Anda sehari-hari dalam penggunaan sepeda motor. Hal yang terpenting lainnya adalah, Anda harus memastikan ketersediaan bengkel resmi Kawasaki di kota Anda agar lebih mudah untuk melakukan perawatan.

Advertisement